Saturday, July 28, 2012

Memperpanjang Usia dengan Silaturahmi

Setelah tidur cukup "pagi" semalam, saya masih ingat tentang niat saya untuk menulis tentang silaturahmi dan kegunaannya. Silaturahmi menurut hemat saya merupakan tindakan yang mudah pada zaman yang ditunjang dengan kemajuan tekhnologi sekarang ini. Bayangkan saja, jika pada zaman dahulu kita harus berpergian untuk dapat bertemu dan bersilaturahmi sekarang kita bisa menggunakan banyak cara mulai dari telepon, ponsel, hingga social media di internet.

Tetapi, benarkah silaturahmi berkaitan dengan usia kita di dunia? Seperti biasa, setelah googling untuk menemukan jawaban pertanyaan saya, saya mendapat satu hadits Nabi Muhammad SAW yang bisa dijadikan petunjuk,
"Barangsiapa yang ingin dimudahkan rezekinya dan dipanjangkan umurnya, maka hendaklah menyambung tali silaturahmi". (HR Bukhari; Muslim dan Abu Dawud)
Dan saya mencoba mengartikan hadits ini dengan kelapangan dada atau orang jawa bilang "nrimo", yap.. tentunya hanya orang-orang yang tidak menyimpan dendam yang dapat bersilaturahmi dengan baik, bahkan dengan orang-orang yang sudah sedikit banyak menyakiti hati mereka. Dan tentu saja kelapangan dada menjadikan hidup mereka tanpa beban, lebih sehat, dan berumur panjang. Alangkah baiknya jika semua itu ditunjang dengan gaya hidup yang sehat.

Hm..sekarang saatnya bermimpi menjadi pribadi "nrimo" agar dapat hidup lebih lama, tentu dengan izin Allah SWT. Indahnya dunia ini...:)


Tanjung Selor, 27/07/2012


10 bulan 4 hari sisa masa tugas PTT. 

No comments: