Wednesday, January 07, 2009

SaRa lagi..SaRa Lagi..

belakangan gw sering banget ngeliat omongan2 SARA yang menurut pendapat gw sama sekali ngga berguna banget! (bahkan di MP..kesel juga ngeliat agama gw dijelek2in orang..walaupun gw memilih tutup mulut dan ngga berkomentar..karena buat gw itu bukan komentar yang berkelas..ngga berpendidikan..karena orang yang berpendidikan ngga akan ngejelek2in agama orang lain..dan gw sangat meyakini itu..pendidikan bukan dari gelar apa yang lo punya,berapa uang di rekening lo, atau baju apa yang lo pake..tapi dari kemampuan otak lo untuk membedakan mana yang baik dan mana yang buruk..karena ini kan dasar banget..)
Apa mungkin karena bumi kita ini udah sangat tua sampe orang2 pun jadi ikutan pikun ketularan tuanya Bumi??
Kenapa sih banyak banget pihak yang menjelek2an agama lain dan merasa agama dia adalah yang paliiiing benar, paliiiing oke, paliiing keren..emang situ syapa??
Bukankah agama adalah fitrah bagi2 masing2 manusia?dan adalah kebebasan yang bahkan diakui oleh Negara?diakui oleh Dunia?
Heran..

gw selalu inget omongan bokap gw ke gw..
"Jangan pernah kamu merasa kamu adalah yang paling benar walaupun kita sangat meyakini agama yang kita anut adalah yang paling benar dan tidak mengakui yang lain dihadapan orang yang berbeda keyakinan..karena itu akan menyakiti hati orang lain..buat papa..semua agama adalah mengajarkan kebaikan, semua punya Tuhan masing2 dan ngga ada yang mengajarkan kita untuk berbuat jahat..cuma jalannya aja yang beda2.."
dan gw jadi berpikir..apa mereka ngga pernah dapet kata2 seperti itu dari orangtuanya??

kenapa mereka ngga berpikir kalo perbedaan ini seharusnya indah? karena Indonesia adalah adat istiadat dengan banyak ragam..banyak agama..tetapi kita adalah saudara..saudara setanah air..(seri nasionalisme gw..hehe)

tapi itulah manusia..
dengan berbagai macam karakter..watak..sifat..
kenapa sih kita harus berdebat tentang hal yang ngga akan pernah ada habisnya?
ngga ada yang akan mengaku salah dan ngga ada yang bisa dikatakan sebagai yang paling benar disini!

Aku Cinta Tuhanku..Aku cinTa agamaku..
Aku cinTa Allah.

dan kamu?
kenapa kamu harus menjelek2an agamaku?
Kenapa kamu bersikap tidak berpendidikan?
Uruslah agamamu.Cintai agamamu.Jaga mulutmu.
Maka orang lain akan menghargaimu dan tidak menganggap kamu kacangan!

No comments: